Jenis-Jenis Administrasi


JENIS JENIS ADMINISTRASI

Secara umum pengertian administrasi dikenal sebagai suatu kegiatan serta usaha yang berhubungan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan guna menuju pada sebuah maksud atau tujuan. Sementara, pengertian administrasi secara sempit yaitu suatu aktivitas yang meliputi proses pencatatan, pengiriman surat, pembukuan ringan termasuk didalamnya meliputi proses pengetikan agenda serta berbagai macam aktivitas lan yang berhubungan dengan masalah teknis ketatausahaan.

Perkembangan Administrasi
Secara umum, perkembangan administrasi ini dibagi ke dalam tiga masa. Yang pertama adalah administrasi yang terjadi pada masa pra sejarah, yaitu sebuah masa dimana manusia belum mengenal tulisan. Sedangkan fase kedua adalah fase sejarah yang dimulai dari perkembangan gereja katholik Roma. Sementara fase ketiga adalah fase modern, yang ditandai adanya pemikiran ilmiah dari para ilmuwan.
Pada masa prasejarah, perkembangan administrasi berlangsung dalam enam masa peradaban. Dimulai dari peradaban Mesopotamia yang dilanjutkan dengan masa pada jaman peradaban Babilonia.
Pasca masa Babilonia tersebut, berlanjut kepada amsa Mesir kuno, Tiongkok Kuno dan Romawi Kuno. Dan fase prasejarah dari administrasi ini berakhir pada masa Yunani Kuno. Ketika peradaban Yunani Kuno ini berlangsung hingga tahun 1 Masehi, administrasi mulai mengalami pergerseran masuk ke fase sejarah.
Ketika memasuki fase sejarah, perkembangan terbesar administrasi bermula dari kawasan Roma, Italia. Di sini, gereja Katholik Roma merupakan pihak yang memiliki peran besar pada perkembangan teori administrasi serta manajemen. Selain itu, di dunia muncul tiga kelompok sarjana yang memiliki persepsi yang sama terhadap konsep administrasi tersebut. ketiga kelompok sarjana tersebut adalah :
  • Kelompok Kameralisten yang berada di Jerman serta Austria
  • Kelompok Merkantilizen yang berasal dari Inggris
  • Kelompok Fisiokraten yang terdapat di kawasan Prancis.
Sementara itu, pada fase modern konsep administrasi ini diwarnai dengan munculnya Gerakan Manajemen Ilmiah. Pelopor dari gerakan ini adalah Frederich W. Taylor yang muncul pada tahun 1886 di Amerika Serikat.
Dari fase modern inilah, konsep administrasi mulai masuk ke dalam beberapa tahap perkembangan ilmu administrasi. Ada empat tahap yang menjadi bagian perkembangan ilmu administrasi yaitu :
  1. Tahap Survival yang berlangsung sejak 1886 hingga 1930. Tahap ini diwarnai kemunculan Gerakan Manajemen Ilmiah yang dikemukakan oleh FW. Taylor tersebut.
  2. Tahap Konsolidasi serta penyempurnaan yang berlangsung dari tahun 1930 hingga 1945. Pada masa ini, beberapa ahli mulai menyatukan visi dan menyamakan pandangan mereka mengenai konsep administrasi.
  3. Tahap Human Relation. Masa ini mulai berlangsung pada 1945-1959, yang merupakan masa dimana administrasi modern mulai diperkenalkan pada masyarakat dan menjadi sebuah sistem baru untuk menciptakan ketertiban dalam setiap kegiatan manusia.
  4. Tahap Behaviouralisme. Tahap yang terjadi sejak tahun 1959 hingga sekarang ini merupakan masa dimana administrasi sudah menjadi sebuah perilaku dalam kehidupan manusia. Dengan demikian, manusia akan memiliki ketertiban pada setiap aspek kehidupan dan mudah untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.
Jenis Administrasi
Dalam perkembangannya, sistem administrasi ini terbagi menjadi beberapa bagian yang disesuaikan dengan materi yang dijadikan pokok kajian. Beberapa jenis administrasi tersebut antara lain:
1. Administrasi Publik
Dalam administrasi publik pokok kajian yang dibahas adalah tiga elemen utama dalam sebuah negara. Ketiga elemen tersebut yaitu lembaga legislatif, eksekutif serta yudikatif. Dalam kajiannya, administrasi publik mengaitkan ketiga elemen utama negara tersebut dengan beberapa peraturan dan kebijakan yang berhubungan dengan publik, tujuan negara serta etika yang menjadi acuan penyelenggara negara.
Awal mula kemunculan konsep administrasi publik ini adalah gagasan dari sebuah essai yang dibuat oleh Woodrow Wilson yang judulnya Intoduction To Study Administration. Dalam pelaksanaannya, administrasi publik ini akan selalu berhubungan dengan birokrasi, temasuk pada peraturan dan pelaksana peraturan tersebut.
2. Administrasi Pembangunan
Merupakan sistem administrasi yang dibuat untuk melakukan pengendalian usaha oleh pemerintah. Tujuannya adalah untuk meralisasikan pertumbuhan yang sudah direncanakan pada suatu kondisi yang lebih baik serta maju pada beberapa aspek.
Sistem administrasi pembangunan ini mulai muncul pasca perang dunia II. Dimana pada masa itu, semua negara di dunia membutuhkan sebuah sistem untuk bisa menciptakan pembangunan negara mereka, setelah berakhirnya perang yang melibatkan hampir semua negara yang ada di dunia.
Namun beberapa ahli berpendapat, bahwa adanya Rencana Marshall dari Amerika, merupakan salah satu motivasi utama terciptanya konsep administrasi pembangunan ini. Marshal Plan ini merupakan sebuah program dari negara yang memenangkan peperangan untuk membantu negara yang hancur dan mengalami kekalahan pada masa perang dunia II tersebut.
3. Administrasi Lingkungan
Merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang dilaksanaka pemerintah dan masyarakat yang tujuannya untuk mewujudkan wawasan lingkungan serta tanpa mengesampingkan kualitas manusia dan lingkungan.
Pengertian Administrasi Menurut Beberapa Ahli
Bila Anda browsing dan masuk ke salah satu situs, seperti situs lowongan kerja atau situs yang dibuat khusus oleh suatu produk, Anda dapat dengan mudah menemukan admin di sisi sebelah kanan atau kiri atas dalam tampilannya.
Admin di sini adalah kependekan dari administrasi, yaitu orang-orang yang berada di balik layar / administrator. Bertugas melayani dan mengarahkan pengunjung situs yang bertanya atau menemui kesulitan dalam menjelajahi situs tersebut. Tahukah Anda pengertian administrasi?
Administrare, dalam bahasa Latin, memiliki dua pengertian.Adberarti ‘intensif’ dan ministrare berarti ‘melayani atau mengatur’. Secara umum, pengertian administrasi mengacu pada suatu kegiatan mengatur dan membantu sebagai bagian dari organisasi tertentu dan untuk tujuan tertentu secara berkala.
Namun, menurut beberapa ahli, administrasi memiliki pengertian yang lebih khusus lagi. Seperti kata Leonard D.White, administrasi adalah suatu proses yang umum dalam semua usaha-usaha suatu kelompok baik dalam usaha umum atau pribadi.
Dalam pengertian tata usaha, seperti dikemukakan oleh Munawardi Reksohadiprawiro, administrasi adalah tata usaha yang mencakup setiap pengaturan yang cepat dan sistematis serta penentuan fakta-fakta secara tertulis dengan tujuan memperoleh pandangan yang menyeluruh serta hubungan timbal balik antara satu fakta dengan fakta lainnya.
Administrasi sebagai Bagian Ilmu Sosial
Pengertian mendasar administrasi menurut Sondang .P Siagian, penulis buku Administrasi Pembangunan, adalah keseluruhan proses kerja sama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Administrasi meliputi orang-orang yang saling berinteraksi dalam suatu kegiatan bersama yang dihadapkan pada sejumlah data dan fakta yang menyangkut organisasi atau lembaga tempat mereka bernanung.
Terjadinya interaksi tersebut akibat suatu kebutuhan utama antarsesama, yaitu komunikasi, agar tujuan administrasi tentang hal pengaturan data yang sistemik bisa berjalan dengan lancar dan sesuai target.
Seperti yang biasa Anda lihat di kantor-kantor, di mana sejumlah pegawai administrasi melakukan kerja satu tim untuk dapat menyelesaikan suatu tugas tertentu yang menjadi tanggung jawabnya.
Kegiatan mereka biasa disebut clerical works, yaitu pekerjaan seperti mencatat, mengetik, mencetak, dan menggandakan. Kegiatan perkantoran seperti itu bisa terjadi karena ada instruksi dari bagian lain yang sudah merencanakan. Kemudian, mengorganisasi dan akhirnya sampai pada bagian administrasi yang melaksanakan serta bagian lain yang sejajar dengan kualifikasi kerja tertentu.
Jenis Kerja Administrasi
Pengertian administrasi meliputi jenis -jenis kerjanya secara riil maksudnya hasil kerjanya bisa di lihat dan bisa pakai untuk menentukan kebijaksanaan organisasi. Berikut ini merupakan jenis-jenis kerja administrasi yang mungkin sudah Anda kuasai, antara lain :
1. Akuntansi / Keuangan
Salah satu kerja administrasi adalah pembukuan atau lebih populer disebut akuntansi. Pengertian kerja akuntansi adalah kegiatan pencatatan transaksi keuangan, dan pemasukan perusahaan. Setiap institusi pemerintah, perusahaan maupun organisasi non profit harus menyelenggarakan kegiatan akutansi.
Fungsi akutansi adalah guna mengetahui keadaan keuangan perusahaan apakah surplus atau defisit. Sangat riskan kalau sebuah organisasi tanpa ada laporan keuangan, apalagi organisasi profit, bisa-bisa terjadi penyalahgunaan uang.
Akutansi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari bagaimana cara menyusun keuangan yang benar. Ilmu akutansi dipelajari sebagai bagian dari ilmu ekonomi keuangan, dan ilmu akutansi menjadi pelajaran wajib di fakultas ekonomi.
Orang yang memiliki keahlian dibidang akutansi dan sudah lulus dari pendidikan profesi akutansi disebut akuntan. Ilmu akutansi dasar bisa dipelajari di luar pendidikan formal, banyak lembaga pendidikan non formal yang menawarkan pendidikan kilat akutansi dasar kepada masyarakat umum.
2. Laporan Penjualan
Laporan penjualan merupakan salah satu tugas administrasi pada bagian pemasaran. Laporan penjualan dilakukan secara berkala, seperti seminggu sekali, atau sebulan sekali. Laporan ini diserahkan kepada manager pemasaran. Laporan dibuat bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak barang dijual ke pasaran. Ini sangat berkaitan dengan jumlah stok barang maupun rencana pemasaran.
3. Inventori
Salah satu jenis kerja administrasi adalah inventori, devisi ini yang bertanggungjawab membuat laporan stock barang yang tersedia di gudang maupun yang sedang di pasarkan. Inventori harus mengerti bagaimana mengatur sirkulasi produk kapan disimpan dan kapan yang dikeluarkan.
Jadi setiap barang yang keluar dan barang masuk harus dicatat dalam buku. Pada akhir bulan, inventoris harus menghitung ulang sisa stock yang ada di gudang dan kemudian dibuat laporannya. Itulah gambaran bagaimana kerja inventoris yang bertanggung jawab mengelola stock produk di gudang.
4. Rekam Medis
Rekam medis merupakan salah satu kegiatan administrasi yang ruang lingkupnya berada di rumah sakit, maupun klenik kesehatan. Melakukan kerja rekam medis tak sembarang orang bisa mengerjakan, hanya tenaga ahli yang memiliki sertifikasi medis dan pengetahuan dibidang rekam medis.
Fungsi rekam medis adalah mencatat riwayat penyakit pasien kedalam sebuah lembar laporan, selain mencatat riwayat pengobatan pasien untuk rawat inap maupun rawat jalan. Tujuan rekam medis adalah sebagai pertimbangan untuk tindakan medis, menentukan cara pengobatan dan masih banyak lagi. Yang berhak membaca rekam medis adalah dokter, dan perawat. Rekam medis merupakan standar baku administrasi rumah sakit, dokter praktek maupun klinik pengobatan.
Demikianlah sedikit ulasan tentang pengertian administrasi secara sederhana. Semoga bermanfaat


Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Jenis-Jenis Administrasi"

Terima Kasih Sudah Berkomentar