JENIS
JENIS ADMINISTRASI
Secara umum pengertian
administrasi dikenal sebagai suatu kegiatan serta usaha yang
berhubungan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan guna menuju pada sebuah maksud
atau tujuan. Sementara, pengertian administrasi secara sempit yaitu suatu
aktivitas yang meliputi proses pencatatan, pengiriman surat, pembukuan ringan
termasuk didalamnya meliputi proses pengetikan agenda serta berbagai macam
aktivitas lan yang berhubungan dengan masalah teknis ketatausahaan.
Perkembangan Administrasi
Secara umum, perkembangan
administrasi ini dibagi ke dalam tiga masa. Yang pertama adalah administrasi
yang terjadi pada masa pra sejarah, yaitu sebuah masa dimana manusia belum
mengenal tulisan. Sedangkan fase kedua adalah fase sejarah yang dimulai dari
perkembangan gereja katholik Roma. Sementara fase ketiga adalah fase modern,
yang ditandai adanya pemikiran ilmiah dari para ilmuwan.
Pada masa prasejarah,
perkembangan administrasi berlangsung dalam enam masa peradaban. Dimulai dari
peradaban Mesopotamia yang dilanjutkan dengan masa pada jaman peradaban
Babilonia.
Pasca masa Babilonia tersebut,
berlanjut kepada amsa Mesir kuno, Tiongkok Kuno dan Romawi Kuno. Dan fase
prasejarah dari administrasi ini berakhir pada masa Yunani Kuno. Ketika
peradaban Yunani Kuno ini berlangsung hingga tahun 1 Masehi, administrasi mulai
mengalami pergerseran masuk ke fase sejarah.
Ketika memasuki fase sejarah,
perkembangan terbesar administrasi bermula dari kawasan Roma, Italia. Di sini,
gereja Katholik Roma merupakan pihak yang memiliki peran besar pada
perkembangan teori administrasi serta manajemen. Selain itu, di dunia muncul
tiga kelompok sarjana yang memiliki persepsi yang sama terhadap konsep
administrasi tersebut. ketiga kelompok sarjana tersebut adalah :
- Kelompok Kameralisten yang
berada di Jerman serta Austria
- Kelompok Merkantilizen
yang berasal dari Inggris
- Kelompok Fisiokraten yang
terdapat di kawasan Prancis.
Sementara itu, pada fase modern
konsep administrasi ini diwarnai dengan munculnya Gerakan Manajemen Ilmiah.
Pelopor dari gerakan ini adalah Frederich W. Taylor yang muncul pada tahun 1886
di Amerika Serikat.
Dari fase modern inilah, konsep
administrasi mulai masuk ke dalam beberapa tahap perkembangan ilmu administrasi.
Ada empat tahap yang menjadi bagian perkembangan ilmu administrasi yaitu :
- Tahap Survival yang
berlangsung sejak 1886 hingga 1930. Tahap ini diwarnai kemunculan Gerakan
Manajemen Ilmiah yang dikemukakan oleh FW. Taylor tersebut.
- Tahap Konsolidasi serta
penyempurnaan yang berlangsung dari tahun 1930 hingga 1945. Pada masa ini,
beberapa ahli mulai menyatukan visi dan menyamakan pandangan mereka
mengenai konsep administrasi.
- Tahap Human Relation. Masa
ini mulai berlangsung pada 1945-1959, yang merupakan masa dimana
administrasi modern mulai diperkenalkan pada masyarakat dan menjadi sebuah
sistem baru untuk menciptakan ketertiban dalam setiap kegiatan manusia.
- Tahap Behaviouralisme.
Tahap yang terjadi sejak tahun 1959 hingga sekarang ini merupakan masa dimana
administrasi sudah menjadi sebuah perilaku dalam kehidupan manusia. Dengan
demikian, manusia akan memiliki ketertiban pada setiap aspek kehidupan dan
mudah untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.
Jenis Administrasi
Dalam perkembangannya, sistem administrasi
ini terbagi menjadi beberapa bagian yang disesuaikan dengan materi yang
dijadikan pokok kajian. Beberapa jenis administrasi tersebut antara lain:
1. Administrasi Publik
Dalam administrasi publik pokok
kajian yang dibahas adalah tiga elemen utama dalam sebuah negara. Ketiga elemen
tersebut yaitu lembaga legislatif, eksekutif serta yudikatif. Dalam kajiannya,
administrasi publik mengaitkan ketiga elemen utama negara tersebut dengan
beberapa peraturan dan kebijakan yang berhubungan dengan publik, tujuan negara
serta etika yang menjadi acuan penyelenggara negara.
Awal mula kemunculan konsep
administrasi publik ini adalah gagasan dari sebuah essai yang dibuat oleh
Woodrow Wilson yang judulnya Intoduction To Study Administration. Dalam
pelaksanaannya, administrasi publik ini akan selalu berhubungan dengan
birokrasi, temasuk pada peraturan dan pelaksana peraturan tersebut.
2. Administrasi Pembangunan
Merupakan sistem administrasi
yang dibuat untuk melakukan pengendalian usaha oleh pemerintah. Tujuannya
adalah untuk meralisasikan pertumbuhan yang sudah direncanakan pada suatu
kondisi yang lebih baik serta maju pada beberapa aspek.
Sistem administrasi pembangunan
ini mulai muncul pasca perang dunia II. Dimana pada masa itu, semua negara di
dunia membutuhkan sebuah sistem untuk bisa menciptakan pembangunan negara
mereka, setelah berakhirnya perang yang melibatkan hampir semua negara yang ada
di dunia.
Namun beberapa ahli
berpendapat, bahwa adanya Rencana Marshall dari Amerika, merupakan salah satu motivasi
utama terciptanya konsep administrasi pembangunan ini. Marshal Plan ini
merupakan sebuah program dari negara yang memenangkan peperangan untuk membantu
negara yang hancur dan mengalami kekalahan pada masa perang dunia II tersebut.
3. Administrasi Lingkungan
Merupakan sebuah rangkaian
kegiatan yang dilaksanaka pemerintah dan masyarakat yang tujuannya untuk
mewujudkan wawasan lingkungan serta tanpa mengesampingkan kualitas manusia dan
lingkungan.
Pengertian Administrasi Menurut
Beberapa Ahli
Bila Anda browsing dan
masuk ke salah satu situs, seperti situs lowongan kerja atau situs yang dibuat
khusus oleh suatu produk, Anda dapat dengan mudah menemukan admin di
sisi sebelah kanan atau kiri atas dalam tampilannya.
Admin di sini adalah kependekan
dari administrasi, yaitu orang-orang yang berada di balik layar /
administrator. Bertugas melayani dan mengarahkan pengunjung situs yang bertanya
atau menemui kesulitan dalam menjelajahi situs tersebut. Tahukah Anda
pengertian administrasi?
Administrare,
dalam bahasa Latin, memiliki dua pengertian.Adberarti ‘intensif’
dan ministrare berarti ‘melayani atau mengatur’. Secara umum,
pengertian administrasi mengacu pada suatu kegiatan mengatur dan membantu
sebagai bagian dari organisasi tertentu dan untuk tujuan tertentu secara
berkala.
Namun, menurut beberapa ahli,
administrasi memiliki pengertian yang lebih khusus lagi. Seperti kata Leonard
D.White, administrasi adalah suatu proses yang umum dalam semua usaha-usaha
suatu kelompok baik dalam usaha umum atau pribadi.
Dalam pengertian tata usaha,
seperti dikemukakan oleh Munawardi Reksohadiprawiro, administrasi adalah tata
usaha yang mencakup setiap pengaturan yang cepat dan sistematis serta penentuan
fakta-fakta secara tertulis dengan tujuan memperoleh pandangan yang menyeluruh
serta hubungan timbal balik antara satu fakta dengan fakta lainnya.
Administrasi sebagai Bagian
Ilmu Sosial
Pengertian mendasar
administrasi menurut Sondang .P Siagian, penulis buku Administrasi
Pembangunan, adalah keseluruhan proses kerja sama antara dua orang manusia
atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan
yang telah ditentukan.
Administrasi meliputi
orang-orang yang saling berinteraksi dalam suatu kegiatan bersama yang
dihadapkan pada sejumlah data dan fakta yang menyangkut organisasi atau lembaga
tempat mereka bernanung.
Terjadinya interaksi tersebut
akibat suatu kebutuhan utama antarsesama, yaitu komunikasi, agar tujuan
administrasi tentang hal pengaturan data yang sistemik bisa berjalan dengan
lancar dan sesuai target.
Seperti yang biasa Anda lihat
di kantor-kantor, di mana sejumlah pegawai administrasi melakukan kerja satu
tim untuk dapat menyelesaikan suatu tugas tertentu yang menjadi tanggung
jawabnya.
Kegiatan mereka biasa
disebut clerical works, yaitu pekerjaan seperti mencatat, mengetik,
mencetak, dan menggandakan. Kegiatan perkantoran seperti itu bisa terjadi
karena ada instruksi dari bagian lain yang sudah merencanakan. Kemudian,
mengorganisasi dan akhirnya sampai pada bagian administrasi yang melaksanakan
serta bagian lain yang sejajar dengan kualifikasi kerja tertentu.
Jenis Kerja Administrasi
Pengertian administrasi
meliputi jenis -jenis kerjanya secara riil maksudnya hasil kerjanya bisa di
lihat dan bisa pakai untuk menentukan kebijaksanaan organisasi. Berikut ini
merupakan jenis-jenis kerja administrasi yang mungkin sudah Anda kuasai, antara
lain :
1. Akuntansi / Keuangan
Salah satu kerja administrasi
adalah pembukuan atau lebih populer disebut akuntansi. Pengertian kerja
akuntansi adalah kegiatan pencatatan transaksi keuangan, dan pemasukan
perusahaan. Setiap institusi pemerintah, perusahaan maupun organisasi non
profit harus menyelenggarakan kegiatan akutansi.
Fungsi akutansi adalah guna
mengetahui keadaan keuangan perusahaan apakah surplus atau defisit. Sangat
riskan kalau sebuah organisasi tanpa ada laporan keuangan, apalagi organisasi
profit, bisa-bisa terjadi penyalahgunaan uang.
Akutansi merupakan disiplin
ilmu yang mempelajari bagaimana cara menyusun keuangan yang benar. Ilmu
akutansi dipelajari sebagai bagian dari ilmu ekonomi keuangan, dan ilmu
akutansi menjadi pelajaran wajib di fakultas ekonomi.
Orang yang memiliki keahlian
dibidang akutansi dan sudah lulus dari pendidikan profesi akutansi disebut
akuntan. Ilmu akutansi dasar bisa dipelajari di luar pendidikan formal, banyak
lembaga pendidikan non formal yang menawarkan pendidikan kilat akutansi dasar
kepada masyarakat umum.
2. Laporan Penjualan
Laporan penjualan merupakan
salah satu tugas administrasi pada bagian pemasaran. Laporan penjualan
dilakukan secara berkala, seperti seminggu sekali, atau sebulan sekali. Laporan
ini diserahkan kepada manager pemasaran. Laporan dibuat bertujuan untuk
mengetahui seberapa banyak barang dijual ke pasaran. Ini sangat berkaitan
dengan jumlah stok barang maupun rencana pemasaran.
3. Inventori
Salah satu jenis kerja
administrasi adalah inventori, devisi ini yang bertanggungjawab membuat laporan
stock barang yang tersedia di gudang maupun yang sedang di pasarkan. Inventori
harus mengerti bagaimana mengatur sirkulasi produk kapan disimpan dan kapan
yang dikeluarkan.
Jadi setiap barang yang keluar
dan barang masuk harus dicatat dalam buku. Pada akhir bulan, inventoris harus
menghitung ulang sisa stock yang ada di gudang dan kemudian dibuat laporannya.
Itulah gambaran bagaimana kerja inventoris yang bertanggung jawab mengelola
stock produk di gudang.
4. Rekam Medis
Rekam medis merupakan salah
satu kegiatan administrasi yang ruang lingkupnya berada di rumah sakit, maupun
klenik kesehatan. Melakukan kerja rekam medis tak sembarang orang bisa
mengerjakan, hanya tenaga ahli yang memiliki sertifikasi medis dan pengetahuan
dibidang rekam medis.
Fungsi rekam medis adalah
mencatat riwayat penyakit pasien kedalam sebuah lembar laporan, selain mencatat
riwayat pengobatan pasien untuk rawat inap maupun rawat jalan. Tujuan rekam
medis adalah sebagai pertimbangan untuk tindakan medis, menentukan cara
pengobatan dan masih banyak lagi. Yang berhak membaca rekam medis adalah
dokter, dan perawat. Rekam medis merupakan standar baku administrasi rumah
sakit, dokter praktek maupun klinik pengobatan.
Demikianlah sedikit ulasan
tentang pengertian administrasi secara sederhana. Semoga bermanfaat
0 Komentar untuk "Jenis-Jenis Administrasi"